Selasa, 11 Oktober 2011

Pelopor Gerakan Kebangkitan Islam

pembaharuan islam sebenarnya sudah dimulai sejak sebelum abad ke-19 M. diantara tokoh yang menyerukan pentingnya pembaharuan islam yang hidup di masa ini  adalah :
1. Sultan Abdul Hamid I (1725-1789 M). dia adalah seorang pembaharu dari Turki yang mempelopori gerakan untuk membina persatuan seluruh dunia islam untuk menghadapi perkembangan bangsa barat.
2. Muhammad Ibn Sanusi (1791-1859 M). dia merupakan pembaharu dari Aljazair yang memimpin pergerakan Solidaritas Gerakan Tariqat Sanusiyah.
3. Syaikh Waliyullah (1703-1762 M). dia menyerukan agar umat islam kembali ke sistem pemerintahan seperti yang pernah dipraktikkan oleh al-Khulafah' al-Rasyidin dengan mengutamakan Demokrasi (musyahwara) dan kepentingan rakyat.

memasuki abad ke-19 M, terlihat semakin jelas adanya kebangkitan dunia islam diseluruh pelosok dunia. bisa dikatakan pembaharuan dalam abad ini merupakan kelanjutan dari gerakan serupa yang lahir pada masa sebelumnya. diantara pembaharu yang berada dalam fase ini adalah :
1. Al-Tahtawi (1801-1893 M). Al-Tahtawi, seorang yang mendalami berbagai ilmu barat tepat nya di Perancis, serta banyak bergaul dengan ulama Al-Azhar. dia banyak menyalin berbagai buku berbahasa Perancis ke dalam bahasa Arab, sehingga didirikanlah sekolah penerjemah yang meliputi bahasa Arab, perancis, turki, persia (iran), maupun italia.
2. Jamaluddin al-Afghani. Jamaluddin al-Afghani adalah seorang pejuang yang berpindah-pindah dari suatu negara ke negara lainnya  untuk menggerakan penguasa-penguasa islam untuk bersatu dan bangkit melawan penjajahan bangsa barat.
3. Muhammad Abduh. Muhammad Abduh lahir pada 1845 M, meski ada juga yang mengatakan pada 1849 di desa Mahilah (mesir). setelah menamatkan studinya di al-Azhar tahun 1877 dengan gelar Alimiyah, ia diangkat menjadi pengajar di Universitas al-Azhar serta Darul Ulum.
4. Muhammad Rasyid Ridha. Rasyid Ridha (1865-1935) adalah seorang intelektual muslim yang berasal dari syria.dia mengembangkan gagasan modernisme islam sebagaimana yang telah dirintis oleh Jamaluddin al-afghani dan Muhammad Abduh.
5. Sayyid Ahmad Khan. Sayyid Ahmad Khan adalah pembaharu islam di India. sebagai langkah untuk membangkitkan kembali umat islam. Sayyid Khan mengemukakan tingga langkah yang harus di tempuh. pertama, bekerja sama dalam bidang politik. kedua, mengambil ilmu-ilmu berat. ketiga, menafsir ulang islam dalam bidang pemikiran.
6. Muhammad Iqbal. Muhammad Iqbal adalah seorang tokoh kelahiran punjab, India, yang memperoleh gelar magister dari Lahore University. Adapun gelar Doktor dengan spesialisasi masalah tasawuf diperolehnya dari Universitas munich, Jerman. Disertasinya kemudian dibukukan dalam The velopment of Metaphysics in persia (perkembangan metafisika di persia).

Tidak ada komentar: